6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online

6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online - Meskipun menjalankan bisnis online sendiri dapat menjadi tantangan tersendiri dalam bidang wirausaha, nyatanya banyak toko online yang gagal dalam membuka usaha online dan tidak mendapat keuntungan apa-apa. Akhirnya, para toko online tersebut gulung tikar dan tutup selamanya.

Banyak sekali faktor yang dapat jadi penyebab bangkrutnya toko online, dan salah satu penyebab tidak lakunya toko online adalah pemilihan niche produk yang buruk. Para pengusaha tidak bisa memilih niche apa yang akan laku dipasaran saat ini, dengan begitu para penjual asal-asalan dalam menjual produk mereka. Kita harus bisa menganalisis produk apa yang sedang trend di saat ini, agar akan banyak orang yang tertarik membeli produk Kamu.

Nah pada kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana sih cara memilih produk yang akan laku di jual di toko online ?

Saya sudah merangkum 6 cara pilih produk yang bisa menguntungkan dan laku untuk bisnis toko online Kamu. Silahkan simak ulasan dibawah ini.

6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online

6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online

 

1. Memecahkan Masalah dan Melakukan Survei.


Jika kita ingin memilih produk apa yang akan dijual di toko online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memecahkan masalah yang dialami penjual toko online orang lain dan melakukan survei. Maksudnya adalah Kamu harus menanyakan terlebih dahulu kepada orang yang sudah lebih dulu terjun di dunia online shop, tanyakan masalah-masalah mereka ketika berjualan online. Jika sudah tahu, segeralah cari solusi dari masalah tersebut.

Setelah itu kalian lakukan Survei dengan menanyakan kepada teman, keluarga, orang terdekat, dan orang-orang lainnya produk apa sih yang sering mereka beli di toko online. Kalo sudah mengetahui produk apa saja yang sering dibeli mereka, kumpulan listnya untuk nanti di filter dan tentukan mana yang akan di jual.

6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online

Contohnya, jika Kamu ingin jual mainan anjing, coba tanyakan kepada pemilik anjing apa sih yang mereka harapkan dari mainan anjing, misalnya jawabannya adalah keawetan mainan anjing, atau lama, karena kebanyakan produk yang dijual mahal tapi mudah rusak. Nah disitu kalian bisa menyimpulkan bahwa jika kalian akan jual produk mainan anjing, harus memiliki harga yang terjangkau dan tahan lama. Ini berlaku untuk semua niche produk. Itu yang pertama ya sob cara dalam memilih produk yang laku, silahkan lanjut yang ke kedua.

2. Temukan Celah di Antara Pesaing Toko Online Potensial.


Oke sob, yang kedua dari cara memilih produk yang untuk di online shop adalah lihatlah pesaing toko online Kamu, jika Kamu punya ide niche dan ternyata sudah ada di toko online tersebut, kalian jangan memilih niche lain. Tapi Kamu analisis apa sih kekurangan toko tersebut yang membuat pelanggan tidak puas, jika sudah tahu, Kamu bisa memperbaiki kekurangan tersebut di toko Kamu dan kemungkinan besar pelanggan di toko saingan Kamu akan beralih ke toko Kamu. Tapi jangan lupa juga bahwa produk Kamu harus lebih menarik dari toko pesaing.

Untuk pendapat ahli, saya dapat contoh dari Sultan AlBanyan, salah satu pendiri FLTR, karena perusahaannya berfungsi sebagai contoh kehidupan nyata yang sempurna dari ini.

FLTR adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi masker penyaringan wajah. Dia menjelaskan, "Ada permintaan besar untuk masker penyaringan yang efektif namun penuh gaya di negara asal kita, Arab Saudi. Tapi topeng ini tidak bertahan selamanya - mereka perlu diganti secara berkala." Lanjutan AlBanyan, "Dalam penelitian kami, salah satu hal yang kami temukan adalah bahwa pesaing di niche kami tidak menggunakan model langsung ke konsumen, yang menaikkan harga dan menyulitkan sebagian orang untuk secara konsisten mampu membeli topeng yang mereka butuhkan . Dengan mengidentifikasi apa yang hilang dari penawaran mereka, kami dapat menentukan tempat kami di pasar. "

3. Periksa Apa yang Sedang Trend Saat Ini.


Dalam memilih produk yang akan di jual di toko online, Kamu tidak akan mendapatkan banyak daya tarik jika Kamu membuat salinan persis dari ide yang sudah ada sebelumnya. Tetapi ketika Kamu melihat niche produk yang sedang tren dan melakukan brainstorming berbagai kemungkinan alternatif dalam kategori itu, Kamu mungkin menemukan sudut unik yang diperlukan untuk meluncurkan toko online yang sukses.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Kamu mendapatkan gagasan tentang tren kategori di dunia e-commerce. Google Trends adalah tempat yang tepat untuk mengevaluasi volume pencarian untuk kata kunci yang berbeda. Banyak platform e-niaga seperti Oberlo juga memposting daftar produk yang sedang tren saat ini, yang dapat membantu memicu ide untuk toko Kamu sendiri. Dengan begitu Kamu akan mengetahui produk apa saja yang sedang tren sekarang dan pastinya akan laku di jual.

Baca Juga: 4 Cara Terbaik di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan

4. Ketahui Marginnya.


Penelitian oleh MarketingSherpa menemukan bahwa toko online dengan pendapatan tahunan di bawah $ 100.000 memiliki 30 persen marjin kotor rata-rata. Toko yang sukses tahu apakah mereka dapat bersaing dalam harga atau nilai, dan menggunakannya untuk mempertahankan margin jenis ini.

Saat mengevaluasi niche produk, Kamu tidak bisa hanya menetapkan titik harga sewenang-wenang. Kamu perlu meneliti apa yang ingin dibayar oleh target audiens Kamu untuk produk itu dan kemudian memperhitungkan pengeluaran bisnis seperti manufaktur, pengiriman dan hosting web. Margin laba yang sangat tipis akan menyulitkan untuk menyesuaikan atau menyesuaikan dengan keadaan pasar yang terus berubah.

5. Cari Barang yang di Beli Berkali-kali.


Penelitian dari Harvard Business School telah menemukan bahwa peningkatan retensi pelanggan lima persen dapat meningkatkan profitabilitas hingga 25 hingga 95 persen. Maka masuk akal bahwa niche produk toko online yang paling menguntungkan akan fokus pada area di mana pelanggan lebih mungkin kembali untuk pembelian berulang.

Ini adalah bagian dari alasan di balik keberhasilan kotak langganan dan layanan berlangganan secara umum. Setiap pelanggan menjadi sumber pendapatan berulang. Ini juga membuat barang-barang lain yang perlu diganti secara teratur - seperti perencana, makanan dan bahan DIY, untuk beberapa nama - pilihan yang baik. Memberikan pengalaman yang berkualitas pertama kali, dan pelanggan kemungkinan akan kembali kepada Kamu berulang kali.

Intinya kamu harus memilih produk yang menurut kamu orang-orang akan kembali membeli produk kamu sewaktu-waktu, jadi kamu juga bisa mendapatkan yang namanya pelanggan setia, apalagi ditambah dengan pelayanan yang baik dari toko online tersebut.

6. Ketahui Minat Kamu.


Sebuah studi tentang wirausahawan e-commerce yang diterbitkan di Huffington Post menemukan bahwa 45 persen wirausahawan mengutip kecintaan mereka pada apa yang mereka lakukan sebagai alasan utama untuk memulai toko mereka yang berada jauh di depan atribut lain yang biasanya dikaitkan dengan keramaian samping, seperti kebebasan untuk bekerja di mana dan ketika Kamu memilih.

Pada akhirnya, tidak masalah seberapa menguntungkan produk e-niaga potensial. Jika Kamu tidak bersemangat dengan ide tersebut, Kamu tidak akan memiliki dorongan yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang tidak terduga atau berinovasi untuk menghasilkan produk atau layanan yang lebih baik. Temukan sesuatu yang Kamu sendiri tertarik, dan Kamu akan lebih siap untuk bertahan dengan toko Kamu untuk jangka panjang.

Oke sobat pembaca semua, dengan kamu bisa memilih niche yang benar, kamu kemungkinan besar akan sukses dalam dunia toko online, apalagi dengan 6 cara memilih produk yang kana untung dan laku di toko online diatas, bisa menambah informasi kamu dalam memilih niche yang banyak dan disukai pelanggan kamu.

Sekian sob artikel kali ini tentang 6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online, semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu yang sedang bingung dalam memilih niche untuk produk kamu. Terima Kasih sudah membaca ya sob..

Buat kamu yang ingin melihat tutorial keren dari Sanarik.Com, kamu bisa kunjungi Youtube Channel saya bernama Riefolg. Atau kamu bisa juga klik logo youtube di bawah ini. Jangan lupa di Subscribe ya sobat.

youtube

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel