Makan atau Minum Setelah Adzan Subuh Karena Tidak Tahu, Hukum Puasanya Bagaimana ?

Makan atau Minum Setelah Adzan Subuh Karena Tidak Tahu, Hukum Puasanya Bagaimana ?

Makan atau Minum Setelah Adzan Subuh Karena Lupa, Hukum Puasanya Bagaimana ? - Hallo sobat pembaca semua, bertemu lagi di infodunya22, kali ini kita akan membahas tentang religi, yang kebetulan sekarang dalam bulan suci Ramadhan, jadi infodunya22 akan memberikan informasi yang dikutip dari islampos, yaitu tentang Hukum makan atau minum setelah Adzan Subuh karena mengiranya belum terbit fajar. Oke sobat silahkan baca penjelasan berikut.

Ada orang yang bertanya seperti ini: Saya suatu hari pernah tidur subuh dan tidak mendengarkan adzan, sedangkan alarm berbunyi tetapi tidak terdengar. Setelah itu saya bangun dan minum segelas air, tiba-tiba terdengar iqamah shalat shubuh. Bagaimana puasa saya? Apakah tetap sah atau tidak ?


Makan atau Minum Setelah Adzan Subuh Karena Tidak Tahu, Hukum Puasanya Bagaimana ?

JAWABAN

Menurut para ulama bahwa jika kita makan atau minum dengan perkiraan bahwa belum terbit fajar, tapi ternyata sudah masuk waktu terbif fajar, maka orang tersebut tidak wajib melakukan apa-apa, karena orang yang tidak mengetahui waktunya karena benar-benar tidak tahu, maka puasanya bisa tetap dilanjutkan.

Syekh Ibnu Utsaimin ra pernah berkata, Jika ada orang yang makan atau minum sesuatu yang dapat membatalkan puasa ketika waktu puasa karena tidak tahu, baik tidak tahu waktunya atau tidak tahu hukumnya. Contoh orang yang tidak tahu waktunya adalah, jika seseorang bangun di akhir malam, dia mengira fajar belum terbit, lalu dia makan dan minum, kemudian terbukti bahwa saat itu fajar telah terbit, maka puasanya sah, karena dia tidak tahu waktunya.

Baca juga:



Sedangkan contoh orang yang tidak tahu hukumnya, misal dia melakukan pengobatan bekam, dia tidak tahu bahwa bekam membatalkan puasa, maka dikatakan kepadanya bahwa puasanya sah. Karena dia tidak mengetahui hukumnya.

DALIL

Dalilnya ada pada Al-Quran adalah firman Allah Ta’ala (yang artinya) “Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum Kami jika Kami lupa atau Kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada Kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada Kami apa yang tak sanggup Kami memikulnya. beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, Maka tolonglah Kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Adapun dalil dari Sunah adalah hadits Asma bin Abu Bakar ra yang diriwayatkan Bukhari dalam Shahihnya, dia berkata,

“Kami berbuka pada hari mendung pada zaman Nabi SAW, kemudian ternyata matahari masih tampak.”

Oke sobat pembaca semua, mungkin penjelasan diatas sudah cukup jelas bagaimana hukumnya, intinya jika kita makan atau minum sesuatu pada waktu puasa dan memang kita benar-benar tidak mengetahui waktu dan hukumnya, bisa dikatakan bahwa puasanya tetap sah, dan bisa menyelesaikannya sampai adzan magrib berkumandang. Sekian artikel kali ini tentang Makan atau Minum Setelah Adzan Subuh Karena Tidak Tahu, Hukum Puasanya Bagaimana ?. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca semuanya. Terima Kasih sudah membaca.

Buat kamu yang ingin mendapatkan highlights dan gol seputar dunia sepak bola, gol-gol indah, momen ngakak, skills keren, update skor atau melihat hal-hal lainnya dalam dunia sepak bola atau juga video lucu dalam sepak bola, kamu bisa kunjungi channel youtube saya bernama HDSports. Atau kamu bisa juga klik logo youtube di bawah ini. Jangan lupa di Subscribe ya sobat.

youtube

0 Response to "Makan atau Minum Setelah Adzan Subuh Karena Tidak Tahu, Hukum Puasanya Bagaimana ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel