Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil dan Besar

Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil

Penjelasan Lengkap, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil - Hallo sobat pembaca semua, yang namanya bekerja untuk mencari uang adalah hal yang mungkin wajib di lakukan oleh semua orang di dunia ini. Ada berbagai macam pekerjaan yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan kita.

Tapi zaman sekarang yang namanya mencari pekerjaan susahnya minta ampun, lulusan sarjana saja sudah susah cari kerja, apalagi yang lulusan SMA/SMK. Makannya sekarang ini banyak orang-orang yang membuat pekerjaan sendiri, atau yang kita sebut dengan Wirausaha. Nah kali ini saya akan memberikan artikel lengkap tentang definisi Usaha, apa itu UKM, Contoh-contoh usaha, usaha modal kecil, dan masih banyak lagi. Langsung saja silahkan simak penjelasan lengkap di bawah ini.


Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil

 

Pengertian Usaha

Usaha adalah sebuah kegiatan yang di lakukan oleh manusia individu atau kelompok yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa dan mendapat upah/keuntungan dari usaha tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan terus-menerus akan membuahkan hasil baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang di Internet Terbaru 2019 dengan 3 Situs Penghasil Uang

Dan usaha yang dilakukan ada yang bermodal besar ataupun modal kecil, contoh modal kecil seperti membuka warung kopi atau mie rebus, dan contoh usaha modal besar seperti membuka pencucian motor dan mobil, itu modal besar karena membutuhkan alat khusus yang harus di beli.

Apa itu Usaha Kecil Menengah (UKM) ?

Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah usaha yang didirikan oleh seseorang berdasarkan keinginan atau inisiatif sendiri yang bertujuan  membantu perekonomian, khususnya di Indonesia. UKM ini banyak sekali di dirikan oleh orang indonesia untuk mengurangi jumlah pengangguran dan menambah jumlah kerja, dan bisa membantu menaikan ekonomi daerah atau negara indonesia.

Ciri dari UKM ini adalah modal yang dikeluarkan relatif kecil dan resiko yang didapat tidak terlalu tinggi tapi dengan keuntungan yang besar.

Baca Juga: 4 Cara Terbaik di Instagram untuk Meningkatkan Penjualan


Usaha yang Menguntungkan


Nah sekarang saya akan memberikan 5 jenis usaha yang bisa menguntungan, menguntungkan disini akan didapat apabila kita memang bekerja dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.

1. Usaha membuka Bisnis Busana Fashion

Yang pertama dengan membuka bisnis usaha fashion. Bisnis ini bisa menguntungkan karena fashion di zaman sekarang dan nanti sudah dijadikan gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, terutama bagi anak-anak dan perempuan. Usaha ini bisa di bilanga temasuk bisnis dengan pergerakan ekonomi yang luar biasa sangat besar karena mencakup kebutuhan sehari-hari.

2. Properti

Memang ini membutuhkan modal yang cukup besar, tapi semua orang butuh yang namanya tempat tinggal. Bisnis property tidak melulu jual beli rumah atau apartemen, kamu juga bisa membuka usaha properti ini seperti penyewaan rumah, kost-kostan, ataupun penyewaan lainnya.

3. Bisnis Makanan

Nah ini merupakan usaha yang bisa dibilang paling menguntungkan dan tidak ada matinya selagi kita bisa terus berinovasi. Usaha ini tidak akan pernah mati karena setiap hari, semua orang butuh yang namanya makanan, makannya usaha makanan ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan.

Baca juga: Cara Dapat $26.7 SGD dengan Menjawab Survei dan Trik Menjawab

Tapi jika kamu membuka bisnis ini, kamu harus bersiap dengan yang namanya persaingan yang luar biasa besar, kita bisa lihat sepanjang jalan orang yang menjual makanan selalu ada.

Jadi kalo kamu mau buka usaha ini, kamu harus membuat makanan yang beda dari yang lain dan pastinya memiliki cita rasa yang lezat.

4. Bisnis Periklanan

Usaha ini cukup sulit tapi akan sangat menguntungkan jika kamu sudah punya nama dalam bisnis ini. Jasa menyediakan iklan ini akan selalu dipakai orang-orang yang berbisnis, karena setiap orang yang berbisnis selalu membuat iklan untuk merayu calon konsumen. Baik iklan online, iklan di TV, bahkan iklan banner atau papan reklame yang selalu ada di pinggir jalan.

5. Event Organizer

Zaman sekarang orang ingit selalu cepat, gak mau ribet dalam mengurus hal-hal yang besar. Seperti acara pernikahan, event-event besar, dan masih banyak lagi. Maka dari itu usaha membuka Event Organizer ini akan sangat menguntungkan di masa sekarang, karena bagi orang-orang yang sibuk akan selalu membutuhkan bisnis ini jika mereka tidak punya cukup waktu membereskan semuanya sendiri.

Usaha Rumah yang Menjanjikan


Sekarang saya akan bahas contoh usaha-usaha yang bisa kalian lakukan di rumah, karena ada orang yang suka berbisnis di luar rumah, ada juga yang suka berbisnis di dalam rumah. Maka sekarang saya akan memberikan beberapa contoh usaha yang bisa di mulai di rumah.

1. Warung Makan

Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil

Ya.. yang pertama adalah warung makan, jika kamu tinggal di dekat tempat yang ramai, seperti perkantoran, kampus, atau rumah sakit, usaha ingin akan sangat menjanjikan. Karena orang-orang di area tersebut biasanya mencari makanan yang dekat dengan lokasi mereka bekerja dan belajar. Makannya usaha ini akan sangat menjanjikan. Sekarang kita buat perhitungannya dengan contoh sudah mempunyai tempat.


  • Perbaikan Tempat= Rp 1,5 juta
  • Beli alat masak= Rp 1,5 juta
  • Beli alat makan= Rp 1 juta
  • Meja dan kursi buat sendiri= Rp 2 juta
  • Bahan baku utama harian= Rp 500.000
  • Biaya lain-lain= Rp 500.000

Total= Rp 7 juta

Perkiraan Pendapatan:

Jika dalam sehari yang makan 30 orang, dan harga satu porsi Rp 13.000, maka dalam sehari bisa mendapat = Rp 390.000. Artinya, dalam sebulan jika pembeli selalu diatas 30 orang setiap harinya,  kamu bisa dapat penghasilan lebih dari Rp 11.7000.000

2. Snack Rumahan

Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil

Snack merupakan makanan yang hampir setiap hari orang selalu makan, karena snack makanan yang pas ketika kita sedang santai dirumah ataupun tempat lain. Nah usaha membuat snack ini bisa sangat menjanjikan jika kamu bisa mempromosikan snack dengan baik.

Banyak sekali sekarang snack yang dijual, makannya kamu harus bisa membuat snack yang beda dari yang lain. Sekarang ada yang namanya kebab goreng yang sangat laku di jual di pasaran dengan harga 5000 per kemasan. Sekarang saya akan asumsikan biaya perkiraan yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha snack ini di rumah.


  • perbaikan rumah untuk jualan = Rp 2 juta
  • Rak = Rp 1 juta
  • Timbangan = Rp 200.000
  • Plastik kemasan = Rp 300.000
  • Belanja bahan membuat snack = Rp 2 juta

Total = 5,5 juta

Perkiraan pendapatan:

Misalnya dalam sehari snack yang terjual mencapai 50 pcs dengan harga per kemasan Rp 5.000. Maka pendapatan per hari = Rp 250.000.

Dan jika penjualan lebih dari 50 pcs setiap harinya, kamu bisa dapat pengasilan lebih dari Rp 7,5 juta dalam sebulan.

3. Warung Bubur Kacang Ijo dan Mie Instan

Sekarang jualan bubur kacang ijo sangat ramai loh pembelinya, apalagi jualnya kalo malam hari dan ditambah jual mie instan, akan semakin laris warung kamu. Bagi kamu yang tinggal di perkotaan yang dekat dengan perkantoran, contoh usaha ini bisa sangat menjanjikan, karena biasanya malam hari para pegawai yang lembur suka pulang dan mampir ke warung mie instan. Ditambah jual makanan dan minuman tambahan seperti kopi dan gorengan, akan semakin joss warung kamu.

Buat kamu yang tertarik buka usaha ini, saya sajikan perkiraan biaya yang dibutuhkan.

  • Perbaikan tempat = Rp 2 juta
  • Peralatan masak = Rp 1 juta
  • Peralatan makan = Rp 500.000
  • Belanja bahan baku = Rp 2 juta
  • Biaya lain-lain = Rp 500.000

Total = Rp 6 juta

Perkiraan pendapatan:

Jika harga satu mangkuk bubur kacang ijo Rp 10.000, dan mie instan Rp 5.000, dan jika masing-masing setiap hari menjual 10 mangkuk, maka sehari bisa mendapat Rp 150.000, dan sebulan bisa mencapai Rp 4.500.000

4. Laundry

Usaha Laundry akan sangat cocok bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan, karena biasanya orang kota tidak punya waktu untuk mencuci bajunya, makannya jasa laundry ini akan sangat cocok dibuka di daerah perkotaan dan bisa sangat menjanjikan.

Perkiraan kamu punya modal Rp 7 juta, kamu sudah bisa membuka laundry ini dengan asumsi usaha di buka dirumah.

Biaya pengeluaran awal:

  • Mesin cuci + pengering 2 unit: Rp 2,5 juta x 2 = Rp 5 juta
  • Setrika uap = Rp 500 juta
  • Timbangan = Rp 200.000
  • Belanja bahan baku = Rp 500.000
  • Biaya lain-lain = Rp 500.000

Total = Rp 6,7 juta

Perkiraan pendapatan:

Ongkos jasa laundry saat ini di perkotaan rata-rata Rp 7.000 per kilogram. Jadi kalo dalam sehari ada sekitar 20 kilogram, berarti pendapatan bisa mencapai Rp 140.000/hari, dan dalam sebulan bisa mencapai Rp 4,2 juta jika sehari mencuci 20 kilogram atau lebih.

Nah sobat pembaca semua, itulah 4 contoh usaha yang menjanjikan yang bisa kamu mulai di rumah sendiri dengan modal yang rata-rata kurang dari Rp 7 juta.
   
Sekarang lanjut dengan contoh usaha-usaha yang bisa kamu buka dengan modal cukup kecil. Usaha ini bisa mencakup membuat barang atau menjual jasa. Oke sob silahkan baca di bawah ini.

Usaha dengan Modal Kecil

Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil

1. Les Privat

Bagi kamu mahasiswa yang ingin dapat uang untuk bayar kuliah atau nabung dari ilmu yang kamu punya, kamu bisa membuka les privat bagi adik-adik yang masih sekolah. Biasanya mata pelajaran sekolah utama yang sering diminati, dan juga bahasa asing atau bermusik. Jika kamu menguasai salah satunya, kamu banyak di cari anak-anak yang masih sekolah, kamu bisa manfaatkan dengan membuka les privat.

Untuk tahapan awal membuka jasa ini, kamu bisa mendatangi ke rumah murid-murid atau di sebut juga door-to-door, nah jika kamu sudah cukup terkenal di kalangan murid-murid, kamu bisa membuka les privat di rumah kamu sendiri. Jadinya murid yang datang ke rumah kamu.

Mungkin biaya awal yang harus kalian keluarkan hanya untuk biaya transportasi mendatangi murid-murid, tapi jika kamu sudah mau membuka les di rumah sendiri, setidaknya kamu perlu modal untuk membeli alat tulis dan ruangan untuk belajar. Untuk Tarif lesnya, bisa di sesuaikan sendiri dengan biaya les di sekitar daerah kamu.

2. Menjahit Pakaian

Buat kamu yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit, kamu bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuka usaha sampingan menjahit pakaian. Jasa menjahit ini mungkin kurang menarik, makannya kamu harus jadikan ini sebagai usaha sampingan, usaha yang di kerjakan di waktu kosong saja, lumayan untuk menambah isi kantong kamu.

Untuk memulai usaha sampingan ini, kamu harus memiliki modal untuk membeli mesin jahiat, mesin obras, dan perlengkapan lainnya, kira-kira kurang dari Rp 2 jutaan.

Kalo kamu sudah sedia perlengkapannya, kamu bisa memulai cari pelanggan di sekitar kamu, atau share di media sosial agar semakin luas jangkauannya, tapi ingat, ini hanyalah usaha sampingan, jadi kamu harus membatasi jumlah pesanan jahit, harus sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Jangan sampai gara-gara usaha menjahit ini, kerja utama kamu tertinggal.

3. Penerjemah (Jasa Translate)

Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa penerjemah. Jasa penerjemah ini terrbagi dua, yaitu penerjemah pemula dan penerjemah prosefional.

Nah bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa memulai jasa ini dari hal-hal yang kecil, seperti menerjemahkan sebuah artikel, makalah. skripsi, dan lain-lain. Kamu bisa share jasa kamu ini ke teman-teman kamu dan sosial media. Dan untuk tarif bisa kamu tanya-tanya dulu kepada orang yang sudah terjun lebih dulu di jasa ini.

Baca Juga: 6 Cara Pilih Produk yang Untung dan Laku untuk Toko Online

4. Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik merupakan usaha sampingan yang sangat menguntungkan di zaman sekarang maupun nanti. Soalnya, kalo kamu sudah terkenal oleh teman kantor, teman kost, dan teman-teman yang lain, mereka semua pasti akan membeli pulsa ke kamu. Bahkan menurut kabar yang beredar, seorang pebisnis pulsa di area Jakarta yang mencakup area besar bisa meraup hingga Rp 20 Triliun per tahunnya.

Untuk memulai bisnis ini, mulailah dari modal kecil, kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal Rp 50 ribu sampai Rp 1 juta. Usaha ini sangat gampang di lakukan, kita semua tahu bagaimana cara penjualan pulsa ini, dan untuk mendapat pelanggan tetap, kamu bisa memulai promosi ke tetangga terdekat dan teman-teman kamu.

Untuk menjadi agen pulsa elektrik ini, kamu cukup mendaftar dan melakukan deposit, tiap provider mungkin memiliki ketentuan yang berbeda, namun tidak akan berbeda jauh satu sama lain.

Buat kamu yang mau daftar, kamu bisa daftar melalui formulir pendaftaran atau kirim SMS dengan format yang sudah ditentukan oleh provider masing-masing. Kalian bisa membuka web istana-reload atau pulsamurahlengkap.com untuk informasi lebih lanjut.


*Tips Memulai Bisnis Pulsa Elektrik

Pilih Operator Pulsa Tepercaya

Tips pertama adalah kamu harus pilih provider pulsa yang terpercaya agar bisa menjamin transaksi pulsa berjalan lancar dan aman. jadi kita tidak akan di kejar-kejar oleh pelanggan gara-gara pulsa belum masuk. Nah kalo transaksi selalu lancar, pelanggan kamu akan selalu percaya dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

Rajin Promosi
   
Dalam  bisnis apapun, promosi adalah yang penting untuk dilakukan, terrmasuk dalam bisnis pulsa elektrik ini, semua bisnis akan berjalan lancar jika kamu melakukan promosi dengan baik dan benar.

Contoh promosi yang bisa lakukan, kalo kamu seorang karyawan yang kerja di kantor, kamu bisa promosi kepada teman-teman sekantormu, nanti teman sekantormu juga akan menyarankan teman lainnya untuk membeli pulsa kepada kamu. Sama halnya jika kamu seorang siswa atau mahasiswa, kamu bisa promosikan ke teman-teman agar membeli pulsa ke kamu.

Survei Harga
   
Kamu harus melakukan survei harga pulsa saat ini, jangan sampai anda menjual pulsa elektrik lebih mahal daripada pedagang pulsa lainnya, karena harga beda Rp 500 pun akan membuat pulsa kamu susah laku, termasuk teman-teman kamu tidak ingin membeli pulsa ke kamu. Kamu bisa survei harga ini ke pedagang pulsa yang biasanya ada di pinggir jalan.

Fokus Layanan dan Jangan Bersaing Harga

Sebenarnya, harga setiap penjual pulsa relatif sama, yang membedakan hanyalah pada layanannya, semakin baik dan cepat layanan yang dilakukan, akan semakin banyak pula orang yang membeli pulsa. Intinya di zaman sekarang, bisnis pulsa bersaing pada tingkat layanan, kamu harus memberikan layanan sebaik mungkin kepada pembeli, jangan sampai pembeli menunggu lama agar pulsanya masuk karena kamu salah memilih provider pulsa. Itu akan mengganggu kenyamanan pembeli ketika membeli pulsa ke kamu.

Mendaftar Lebih Dari Satu Server   

Tujuan mendaftar provider lebih dari satu adalah jika provider utama kamu sedang bermasalah yang akan menghambat transaksi, kamu bisa gunakan server yang lain yang sedang normal, jadi transaksi pulsa elektrik akan selalu berjalan lancar dan ini juga faktor dalam mempertahankan kenyamanan terhadap pelanggan kamu.

Hindari Pelayanan Utang

Pantangan seorang pedagang pulsa, jangan sampai kamu memperbolehkan teman atau tetangga kamu berutang pulsa, kenapa... karena itu bisa membuat pelanggan lain yang tahu kamu memperbolehkan mengutang akan ikut-ikutan, jika tidak di beri akan di sebut pilih kasih. Dan jika dilakukan terus-menerus, kamu bisa mengalami kerugian yang cukup besar dan dapat membuat bisnis kamu ini bangkrut.

Jangan Mengambil Keuntungan Terlalu Besar


Bisnis ini memiliki persaingan yang sangat ketat, maka dari itu beda harga Rp 100 pun akan jadi masalah, jadi kamu harus tetap bersaing dengan kios pulsa yang lain dengan harga yang kompetitif. Jangan sampai tergoda dengan keuntungan yang besar, karena bisa-bisa kamu ditinggalkan oleh pelanggan kamu sendiri.

KESIMPULAN


Nah sobat pembaca semua, itulah penjelasan lengkap tentang beberapa usaha yang bermodal cukup besar sampai moda kecil yang bisa kamu coba, ingat, semua orang sukses berawal dari bawah, jadi kamu harus bisa membangun usaha yang kamu dirikan dengan penuh kerja keras, agar semua usaha yang dilakukan akan berbuah manis pada akhirnya.

Terima kasih ya sob sudah membaca artikel saya tentang Penjelasan Lengkap Usaha, UKM, Contoh Usaha dan usaha modal kecil, semoga bisa menjadi referensi kamu yang sedang ingin membuat usaha atau usaha sampingan. Jika ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa komentar di bawah ya sob.

Buat kamu yang ingin mendapatkan highlights dan gol seputar dunia sepak bola, gol-gol indah, momen ngakak, skills keren, update skor atau melihat hal-hal lainnya dalam dunia sepak bola atau juga video lucu dalam sepak bola, kamu bisa kunjungi channel youtube saya bernama HDSports. Atau kamu bisa juga klik logo youtube di bawah ini. Jangan lupa di Subscribe ya sobat.

youtube

0 Response to "Penjelasan Lengkap Usaha, Contoh Usaha, UKM, Usaha Modal Kecil dan Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel