Sayuran Hijau Pantangan bagi Penderita Asam Urat, Benarkah ? Simak Ulasan Lengkapnya !

sayuran hijau bagi penderita asam urat

Sayuran Hijau Pantangan bagi Penderita Asam Urat, Benarkah ? Simak Ulasan Lengkapnya !

INFODUNYA22 - Hallo sobat pembaca semua, bertemu lagi di infodunya22, pada kesempatan kali ini infodunya22 akan memberikan informasi seputar sayuran hijau yang katanya merupakan pantangan bagi penderita asam urat. Benarkah demikian ? simak ya penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari klikdokter, salah satu penyebab dari tingginya asam urat adalah pola makan. Jika Kamu penderita asam urat, sangat penting untuk memperhatikan makanan yang kalian makan, karena di beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah kamu. Sebagian orang mungkin sudah tahu bawha sayuran hijau dapat menjadi faktor utama munculnya penyakit asam urat ini, tapi benarkah informasi ini ?

Menurut American Academy of Family Physicians, salah satu cara diet dapat mengurangi kadar asam urat pada penderitanya, yaitu diet rendah purin. diet ini dapat mengurangi kadar asam urat sekaligus mencegah komplikasi yang lebih serius. Untuk itu orang dengan asam urat dianjurkan untuk melakukan diet rendah purin.

Di dalam tubuh kita, purin salah satu zat yang diproduksi secara alami, tetapi zat ini juga dapat ditemukan di beberapa makanan. Meski tidak sepenuhnya buruk, Kamu tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya. Disaat tubuh kamu mencerna zat purin, maka disitulah tubub kamu akan menghasilkan asam urat. Oleh sebab itu, semakin kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin, banyak pula jumlah purin yang dikonsumsi, dan semakin tinggi juga jumlah asam urat yang mengendap di dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Hidup Sehat dan Hidup Sehat ala Rasulullah SAW.

Makanan yang harus dihindari


sayuran hijau bagi penderita asam urat

Ada beberapa makanan yang mengandung tinggi zat purin yang sering memicu terjadinya serangan asam urat, diantaranya alkohol, bir, jeroan, daging merah, dan makanan laut. Selain itu, menurut penelitian yang disampaikan di British Medical Journal, konsumsi fruktosa dan minuman yang tinggi gula (seperti soft drink) dapat meningkatkan risiko serangan asam urat walaupun tidak mengandung zat purin.

Bagi Kamu yang memiliki asam urat, batasilah makanan-makanan berikut yang mengandung kadar purin tinggi (lebih dari 200 mg per 100 gr), seperti:

  • Makanan laut: kerang kampak, udang, kepiting
  • Minuman tinggi gula: minuman bersoda
  • Jeroan: hati, ginjal, otak, paru
  • Daging merah: daging sapi, kambing, domba
  • Ikan: tuna, sarden, teri, makerel
  • Oatmeal
  • Roti

 

Bagaimana dengan sayur dan buah?


Balik lagi ke topik utama bahwa sayur dapat meningkatkan kadar asam urat penderitanya, dimana sejumlah makanan yang mengandung kadar purin rendah (kurang dari 100 mg per 100 gr), seperti buah-buahan, telur, dan sayuran, boleh dikonsumsi oleh orang dengan asam urat.

British Medical Journal yang melakukan penelitian terhadap sayuran yang mengandung purin menyampaikan bahwa beberapa jenis sayuran (termasuk sayuran hijau) yang mengandung purin, konsumsinya masih tergolong aman untuk orang dengan penderita asam urat.

Tapi perhatikan pula bahwa ada beberapa jenis sayuran tertentu yang mengandung kadar purin ukuran sedang, seperti asparagus, bayam, kembang kol, dan jamur. Oleh sebab itu, batasilah konsumsinya agar tidak berlebihan, agar masih bisa aman bagi kamu penderita asam urat.

Baca Juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Obat Alami

Cara mengelola kadar asam urat


sayuran hijau bagi penderita asam urat

Oke sekarang kita bahas bagaimana cara mengelola atau mengontrol kadar asam urat ini, perlu di ketahui bahwa asam urat tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikendalikan oleh pennderitanya. Selain dengan penggunaan obat-obatan, asam urat juga bisa dikelola dengan pola hidup sehat yang konsisten. Melakukan perubahan gaya hidup menjadi sehat dan terkontrol dapat  mengurangi atau bahkan menghentikan kekambuhan asam urat Kamu. Berikut ini hal-hal yang harus Kamu perhatikan jika tak ingin asam urat kambuh:

  • Membatasi minuman beralkohol dan manis, ataupun menghentikan minum minuman beralkohol, karena sejatinya minuman beralkohol tidak baik pada tubuh manusia.
  • Membatasi makanan tinggi purin seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  • Berolahraga rutin (tapi hindari latihan yang terlalu intens).
  • Minum air putih yang cukup untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Hindari crash diet atau diet cepat.
  • Dan yang terakhir adalah berhenti merokok.

Baca Juga: 6 Ciri Kamu Terserang Kanker Otak, Waspadai Gejalanya!

Dengan menjalani pola hidup dan makan makanan yang tepat dan benar, ditambah dengan konsumsi obat-obatan medis secara tepat, kemungkinan besar asam urat bisa selalu terkontrol dan menghindari kumatnya asam urat. Dan untuk sayuran hijau tidak masalah jika dikonsumsi oleh orang penderita asam urat, asalkan untuk beberapa sayuran hijau tertentu harus dibatasi konsumsinya.

Oke sobat pembaca semua, mungkin itulah informasi kali ini tentang kesehatan yaitu tentang sayuran hijau yang dapat meningkatkan kadar asam urat bagi penderitanya. Mudah-mudahan informasi yang disampaikan bermanfaat bagi sobat pembaca semua. Terima Kasih sudah berkunjung di InfoDunya22.

Buat kamu yang ingin mendapatkan highlights dan gol seputar dunia sepak bola, gol-gol indah, momen ngakak, skills keren, update skor atau melihat hal-hal lainnya dalam dunia sepak bola atau juga video lucu dalam sepak bola, kamu bisa kunjungi channel youtube saya bernama HDSports. Atau kamu bisa juga klik logo youtube di bawah ini. Jangan lupa di Subscribe ya sobat.

youtube

0 Response to "Sayuran Hijau Pantangan bagi Penderita Asam Urat, Benarkah ? Simak Ulasan Lengkapnya !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

RajaBackLink.com

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel