Setan Pengganggu ketika Sholat dan Setan Lain beserta Tugas-tugasnya Mengganggu Manusia

Setan Pengganggu ketika Sholat dan Setan Lain beserta Tugas-tugasnya Mengganggu Manusia
KHANZAB SETAN PENGGANGGU SHOLAT - Hai sobat pembaca semua.. Apakah kalian pernah merasakan ngantuk? Lupa rakaat? Salah bacaan ketika sholat ? Atau ingat sesuatu yang sudah lupa ketika sholat ? Jika iya, ternyata si pembuat lupa jumlah rakaat shalat adalah akibat gangguan dari setan yang bernama Khanzab (ada yang menyebutnya Khinzib). Ia juga menggelincirkan lidah hingga membuat salah dalam bacaan.

Sahabat Utsman bin Affan bertanya kepada Rasulullah,

 “ Wahai Rasulullah, Setan telah mengganggu shalat dan bacaanku.” .. Beliau bersabda, “ Itulah setan yang disebut dengan khanzab, jikau engkau merasakan kehadirannya maka bacalah ta’awudz kepada Allah dan meludah kecillah ke arah kiri tiga kali.” (HR. Ahmad)

Itulah setan spesialis penggoda shalat yang bernama Khanzab/Khinzib. Ia akan senantiasa mengganggu agar tidak khusuk ketika menunaikan ibadah shalat sehingga menjadi lupa rakaat yang telah dikerjakan. Sesuai hadist di atas, untuk mengusirnya bacalah ta’awudz kepada Allah dan meludah kecillah ke arah kiri tiga kali.

Setan akan menjadi penggoda dalam kehidupan manusia, menurut tugasnya mereka mempunyai Nama yang berbeda-beda sehingga beda tugas berbeda pula setannya. Jadi selain khanzab Masih banyak lagi Nama-nama setan spesialis lainnya yang akan selalu menggoda/Menyesatkan Manusia. Beberapa gangguan jin Khanzab dalam shalat yaitu:

Setan Pengganggu ketika Sholat dan Setan Lain beserta Tugas-tugasnya Mengganggu Manusia


1. Salah Bacaan

Yang pertama adalah Salah bacaan, kamu pasti lumayan sering kan salah bacaan ketika sholat? Pasti rata-rata pernah melakukan hal tersebut, termasuk saya pribadi. Ternyata itu adalah salah satu dari godaan Jin Khanzab. ‘Utsman bin Abil ‘Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu:

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam sholatku dan membuat bacaanku salah dan rancu”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itulah syaitan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah Subhaanahu wa ta’aala Akupun melakukan hal itu dan Allah Subhaanahu wa ta’aala menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim)

2. Lupa Rakaat Shalat

Gangguan selanjutnya dari Jin Khanzab adalah Lupa Rakaat Sholat. Jika kamu pernah lupa rakaat ketika sedang melaksanakan Sholat, ternyata itu ulahnya Jin Khanzab.

“Jika salah seorang dari kalian sholat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Membuat Ragu Apakah Telah Kentut/Berhadas.

Ragu ketika sholat apakah sudah berhadas atau telah kentut merupakan gangguan lainnya dari Si Setan. Ibnu Mas’ud meriwayatkan ia berkata:

“Sesungguhnya setan-setan mengalir pada peredaran darah manusia hingga ia datang pada salah seorang kamu dalam sholatnya maka ia meniup pada duburnya dan ia membasahi saluran kencingnya kemudian ia berkata ‘engkau telah berhadas’. Maka janganlah berpaling salah seorang kamu hingga ia mencium bau atau mendengar suara atau mendapatkan basah”.

4. Merasa Mengantuk

Nah yang satu ini mungkin yang sering kita rasakan ketika sholat, yaitu ngantuk. Bila kamu mengantuk ketika sholat dan menguap, sebisa mungkin tahanlah, karena itu dari setan. Seperti sabda Rasulullah SAW:

“Menguap ketika sholat itu dari syetan. Karena itu bila kalian ingin menguap, maka tahanlah sebisa mungkin” (HR Thabrani).

5. Menguap, Bersin, Muntah, Mimisan

Meriwayatkan oleh Ibnu Syaibah dan ath Thobroni ia berkata

“Menguap dan bersin dalam sholat adalah dari setan”. At Tirmidzi dari Dinar ia berkata “Rosulullah bersabda : bersin, mengantuk, menguap dalam sholat, haid, muntah dan mimisan adalah dari setan”.

6. Mengingat Sesuatu Yang Tadinya Terlupa

Rasulullah saw bersabda,

“Apabila dikumandangkan azan sholat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muadzin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan, ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang sholat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia sholat” (HR Bukhari)

7. Menoleh Kanan Kiri Ketika Shalat. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallaah ‘anhaa, ia berkata:

“Saya bertanya kepada Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam tentang hukum menengok ketika sholat”. Rasulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam menjawab, “Itu adalah curian syetan atas sholat seorang hamba”. (HR Bukhari)

Itulah sob diatas 7 gangguan dari jin Khanzab ketika umat muslim sedang melaksanakan Ibadah Sholat, harusnya kita dapat menangkal godaan tersebut dan semoga kita semua di bebaskan Allah SWT dari godaan tersebut. Amin.

Nah sekarang saya akan memberikan tentang nama-nama Syaithan spesialis yg mempunyai peran masing masing dalam tugas nya masing masing dalam menggangu manusia.

Setan Dan Tugasnya mengganggu Manusia


1. Qarin: mendampingi manusia sejak lahir lagi bagi mengajak, merayu dan menipu supaya menyimpang jauh dari jalan yang diridhai Allah.

2. Akwariya Zawal: ia adalah tentara iblis yang selalu ikut serta dalam hubungan badan setiap anak Adam.

3. Wahhar: ia adalah tentara iblis yang suka
mengganggu para mukmin dalam mimpi-mimpi mereka serta menimbulkan kesedihan
dan ketakutan dalam mimpi.

4. Tamrih : ia adalah pembantu iblis sebagaimana imam Jakfar as-Shadiq menjelaskan bahwa iblis memiliki pembantu di malam hari sehingga saking besarnya ia memenuhi antara timur dan barat. Pekerjaannya adalah membisiki telinga manusia dengan bisikan jahat.

5. Matkun: ia bisa menyerupai siapa saja
kecuali wajah Rosulullah shallallahu 'alaihi
wasallam, dan menipu manusia melalui
cara tersebut.

6. Ruhaa: ia adalah jenis jin yang mencegah
para mukmin untuk bangun malam dan
mengikat 3 ikatan saat seseorang tidur
dan mengencingi telinga dan matanya.

Rasulullah SAW bersabda, "'Setan membuat
3 ikatan di atas kepala setiap orang yang sedang tidur, pada tiap ikatan ditutup dengan kalimat, ''MALAM MASIH JAUH MAKA TIDURLAH.''

Maka bila ia terbangun dan berzikir
terlepaslah ikatan pertama, dan jika berwudhu' terlepaslah ikatan kedua, dan jika ia sholat maka terlepaslah semua ikatan, dan bangun di pagi hari dengan semangat, hati puas, dan lapang dada, jika tidak maka pagi hari ia akan pesimis dan malas.'' (HR.Bukhori dan Muslim).

7. Masuth (mathuun): merupakan syaithan
yang menggoda manusia melalui lidah
manusia, membuat berita bohong, perkataan
yang keji, perkataan yang menyakiti hati
manusia lain,perkataan yang merugikan
orang lain, fitnah dan lain sebagainya.

Dia (Masuth) mengarahkan pandangan mata
manusia ke arah yang akan membuat
manusia melihat sesuatu keindahan semu,
tubuh lawan jenis maupun sejenis, hingga
mudah bagi masuth untuk mendorong
manusia berkata kata yang kotor, dan
menciptakan kekejian dan maksiat
melalui lisan.

8. Khanzab: jin pengganggu ketika sholat,
ia yang membuat kita lupa raka'at sholat dan
sering menggelincirkan lidah sehingga salah
dalam membaca suatu surat yang ia hafal.

9. Haffaf: ia adalah jin yang suka mengganggu
manusia di jalan-jalan yang di anggap angker
dan suka mendorong minum-minuman keras.

10. Zalitun/zallinbur: tentara iblis yang
bertugas menggoda penghuni pasar dalam
transaksi jual beli dengan menyuruh untuk
melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mencuri timbangan dan bersumpah palsu.

11. Al Wilhan: menggoda dan mengganggu
manusia sedang wudhu.

13. Thibr: bertugas khusus untuk membinasakan manusia.

14. Awar: menggoda manusia untuk melakukan zina.

15. Mabsut: membisikkan manusia supaya berdusta.

16. Dasim: bertugas semata-mata menjadikan supaya manusia bersengketa dengan keluarga.

Dan itulah nama-nama setan yg mempunyai peran masing masing bertugas khusus mengganngu manusia. Dan sekian keterangan nya saya sampaikan semoga bermenfaat.

Terima kasih ya sob sudah membaca, mudah-mudahan dengan artikel ini kita bisa menjadi orang yang selalu berusaha tidak terhasut godaan dari setan. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share artikel Setan Pengganggu ketika Sholat dan Setan Lain beserta Tugas-tugasnya Mengganggu Manusia ke teman atau keluarga kamu.

Buat kamu yang ingin melihat tutorial keren dari Sanarik.Com, kamu bisa kunjungi Youtube Channel saya bernama Riefolg. Atau kamu bisa juga klik logo youtube di bawah ini. Jangan lupa di Subscribe ya sobat.

youtube

Belum ada Komentar untuk "Setan Pengganggu ketika Sholat dan Setan Lain beserta Tugas-tugasnya Mengganggu Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel